banner 728x250

Pertama, Demokrat Kota Jogja Luncurkan Selter Ojol Perempuan

  • Share
Acara peluncuran Selter Jogja Ojol Perempuan (Joper) bertempat di Jalan Ki Ageng Nis, Rejowinangun, Kotagede, Kota Jogja, Sabtu (5/8/2023). Selter Joper ini difungsikan antara lain untuk tempat istirahat yang dilengkapi beragam fasiltas. Foto : Istimewa.
banner 468x60

JOGJA – Keberadaan ojek online (ojol) tak luput dari persoalan tempat transit ataupun lokasi peristirahatan yang nyaman. Saat mereka mangkal biasanya hanya memanfaatkan tempat-tempat di tepian jalan yang tidak memadai.

Dilatari persoalan diatas, sebuah fasilitas selter driver ojol khusus perempuan untuk pertama kalinya dilaunching di Kota Jogja, Sabtu (5/8/2023). Penyediaan fasilitas publik ini diberi nama Selter Joper (Jogja ojol Perempuan) yang diluncurkan oleh Partai Demokrat Kota Jogja untuk membantu driver ojol perempuan yang berada di lapangan.

banner 336x280

Terletak di Jalan Ki Ageng Nis, Rejowinangun, Kotagede, Kota Jogja yang merupakan Kantor DPC Partai Demokrat Kota Jogja. Pembukaan fasilitas itu dihadiri puluhan driver ojol perempuan dari berbagai platform aplikasi online di Kota Jogja.

Ketua DPC Partai Demokrat Kota Jogja Rini Hapsari mengatakan pembukaan selter ojol perempuan itu, berawal dari melihat sejumlah kondisi mereka di lapangan dengan tanpa fasilitas sama sekali. Mereka menunggu orderan di pinggir jalan bersama dengan kondisi yang sangat rentan, baik dari sisi kriminalitas maupun lainnya.

“Kebetulan lokasi yang kami sediakan ini juga tidak jauh dari tempat para ojol Perempuan ini menunggu orderan, mereka bisa menunggu dari sini saja,” uapnya.

BACA JUGA : Tak Lagi Bahas Cawapres Anies, Demokrat Kota Jogja Siap Jalankan Instruksi DPP

Demokrat Kota Jogja Pasang Bacaleg 50 Persen Perempuan

Anggota Komisi B DPRD Kota Jogja itu mengatakan bagi sesama perempuan ketika melihat mereka menunggu orderan di pinggir jalan, dirinya merasa terpanggil untuk menyediakan suatu fasilitas yang bisa menampung para ojol perempuan.

“Sekaligus ini bentuk kepedulian kami terhadap perempuan pejuang ekonomi keluarga,” ujarnya.

Di Selter Joper ini sejumlah fasilitas disediakan antara lain wifi gratis, makanan kecil hingga minuman dan tempat untuk beristirahat hingga menunaikan salat. Fasilitas itu akan dibuka dengan menyesuakan jam operasional para driver ojol. Salah satu kesepakatannya yaitu ketika siang hingga sore atau malam hari dibuka sehingga siapa pun bisa masuk karena ada petugas yang berjaga di lokasi.

Salah satu driver ojol perempuan di Kota Jogja Suprihatin mengakui ketika menunggu orderan ia duduk di pinggir jalan seadanya. Karena memang tidak ada tempat berteduk kecuali numpang ke beberapa pertokoan atau rumah warga. Oleh karena itu dengan adanya fasilitas tersebut, ia akan memanfaatkannya.

Kebetulan saya biasanya mangkal di sekitar Gedongkuning, tidak jauh dari selter ini, saya akan sering ke sini nantinya. Saya biasanya dari pagi bisa sampai jam 22.00 WIB malam hari. Tentu kami berterima kasih atas perhatian ini,” kata ibu dari lima anak, itu. (Ana/Ara).

banner 336x280
banner 120x600
  • Share