banner 728x250

Raih Gelar Doktor, Agus Mulyono Teliti Minat Politik Kelompok Milenial

  • Share
Agus Mulyono (tengah) berhasil meraih gelar Doktor, dalam disertasi (Promosi Doktor) pada Program Studi Ilmu Ekonomi, Program Doktor, Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Islam Indonesia (FBE UII) di Ruang Aula Utara Lt.3 FBE UII Yogyakarta, Rabu (2/8/2023). Foto : Istimewa.
banner 468x60

JOGJA – Gelar akademik dengan titel Doktor berhasil disandang oleh Agus Mulyono, seorang dosen sekaligus Ketua DPD Partai Golkar Kota Yogyakarta. Dalam disertasinya Agus mengusung tema “Analisis Minat Memilih Partai Politik pada Kelompok Milenial Menghadapi Pilpres tahun 2024 di DIY”.

Agus mempertahankan penelitian disertasinya di hadapan Dewan Penguji Ujian Terbuka Disertasi (Promosi Doktor) pada Program Studi Ilmu Ekonomi, Program Doktor, Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Islam Indonesia (FBE UII) di Ruang Aula Utara Lt.3 FBE UII Yogyakarta, Rabu (2/8/2023).

banner 336x280

Selaku Promotor Prof Dr M Suyanto MM, Ko Promotor 1 Prof Dr M Irhas Effendi SE MSi, Ko Promotor 2 Drs Anas Hidayat MBA PhD. Agus Mulyono dinyatakan lulus dengan predikat ‘Sangat Memuaskan’.

Turut hadir antara lain, Anggota DPR RI Drs HM Gandung Pardiman MM, Anggota DPD RI M Afnan Hadikusumo, Calon Anggota DPD RI Ahmad Syauqi Suratno, Rektor Universitas Janabadra Dr Risdiyanto ST MT dan jajaran.

BACA JUGA : Siap Menang, Golkar Jogja Pasang 60% Caleg Kader Muhammadiyah

Golkar Kota Jogja Targetkan 8 Kursi

Menurut Agus pemilu 2024, merupakan pemilihan serentak pertama kali diadakan di Indonesia. Yaitu pemilihan anggota legislatif DPRD kabupaten/kota/provinsi, DPR RI, DPD RI dan Pilpres. Setelahnya diadakan pemilihan kepala daerah Gubernur/Bupati dan Walikota.

Dosen di Fakultas Ekonomi Universitas Janabadra Yogyakarta itu mengingatkan pemilu serentak ini merupakan yang pertama kali diadakan di Indonesia, sehingga pemerintah belum punya pengalaman yang memadai. KPU dan Bawaslu juga membutuhkan masukan akademik, agar pelaksanaan pemilu serentak bisa sesuai harapan.

Oleh karena itu, Agus memilih melakukan penelitian tentang minat kelompok milenial memilih partai politik pada Pemilu 2024. Hasil penelitian ini kemudian akan diserahkan ke KPU DIY, Bawaslu DIY dan Badan Kesbangpol DIY sebagai masukan akademik.

“DIY sebagai barometer, sehingga hasil penelitian ini akan dapat memberikan gambaran yang sama dengan provinsi lain,” terang Agus.

Hasil analisis terhadap 14 hipotesis penelitian, bahwa partai politik dan kepemimpinan nasional, dipersepsikan oleh responden (kelompok milenial) berpengaruh positif terhadap efikasi diri, peer preference, penggunaan dalam mengakses teknologi dari parpol, teknologi yang disiapkan parpol. (Ana/Ara)

banner 336x280
banner 120x600
  • Share